PEMBAHASAN KURIKULUM
Bagaimana
mengelola isi kurikulum agar mudah dilaksanakan sesuai dengan apa yang menjadi
tujuan pembelajaran dan capaian yang bisa kita ukur dan bisa kita dapatkan. Pendidikan
itu memiliki tujuan, dulu ketika tahun 70-an/80-an pembelajaran itu awalnya
diatur oleh tujuan, yaitu:
a. Tujuan
Negara
b. Tujuan Lembaga
Semua ini harus ada kaitannya.
c. Tujuan
Materi Ajar
Jadi,
tujuan pembelajaran itu diatur sebagaimana tujuan yang telah digambarkan.
Antara tujuan negara, lembaga dan materi ajar harus sejalan. Yang sekarang ada
yang disebut Kompetensi:
-
Standar kompetensi
-
Kompetensi inti
-
Kompetensi dasar.
Sebagai
contoh ketika di standar kompetensinya siswa mampu melakukan sesuatu kemudian
melakukan sesuatu itu dijabarkan kedalam kompetensi intinya setelah itu yang di
kompetensi inti dijabarkan kembali ke dalam kompetensi dasar yang harus
dikuasai oleh siswa/siswi. Ketika sesuatu itu dikatakan menyeluruh maka masuk
ke TIU atau secara umum (standar kompetensi), tetapi ketika sesuatu itu disebut
khusus dan lebih khusus lagi maka, akan masuk di kompetensi inti dan kompetensi
dasar.
Didalam
pembelajaran menjadi kunci bahkan menjadi janji, janji guru ketika akan
mengajar. Contoh :
Kompetensi
Dasar : bisa menyebutkan nama jenis warna (TK)
Langkah
berikutnya kita harus menyesuaikan dengan materi, materinya harus terkait
dengan kompetensi dasar (menyebutkan nama jenis warna). Kemudian, materi ini
tidak mungkin guru sampaikan kepada siswa jika guru tidak menggunakan cara-cara
tertentu agar siswa bisa menangkap tentang apa yang guru ajarkan.
MATERI
|
METODE PEMBELAJARAN
|
EVALUASI
|
SUMBER
|
NAMA JENIS WARNA
|
CARA
MODEL
|
MENGUKUR KEBERHASILAN
|
RUJUKAN
|
Bagaimana
cara mengajarkan pengetahuan umum tentang jenis warna kepada siswa? Mengajarkannya
dengan cara guru membawa gambar warna yang berbentuk printnan atau kertas
warna, intinya guru harus membawa contoh yang nyata. Jika siswa diberikan tugas
untuk menyebutkan nama-nama hari apa yang harus guru bawa? Guru bisa membawa
kalender intinya benda-benda yang dekat dengan si anak. Alat Evaluasi yaitu alat yang digunakan untuk
mengukur keberhasilan siswa dalam menangkap pembelajaran dikelas. Ada sumber yang menjadi rujukan dalam mencari
atau membuat bahan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar