Sabtu, 17 Juni 2017

MELUKIS MENGGUNAKAN CAT AIR

A.    Cat Air
Cat air atau aquarel adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan.Bidang lukisan untuk melukis menggunakan cat air bisa bervariasi, biasanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu bisa pula papyrus, plastik, kulit, kain, kayu, atau kanvas.
Alat dan Bahan :
-          Kuas Ukuran 03 dan 05                            -   Kertas gambar A3
-          Sikat gigi                                                   -   Kertas koran
-          Sisir                                                           -   Lap/tisu
-          Palet                                                          -   Air bersih
-          Cat Air                                                      -   Tempat air
-          Berbagai bentuk sebagai cetakan
Langkah Kerja :


Siapkan semua bahan yang diperlukan seperti : cat air, gunting, palet, tempat air, cetakan berbentuk jantung, sisir, kuas, sikat gigi, lap, dan double tip, serta siapkan koran sebagai alas agar lantai tidak kotor.



Siapkan pewarna yang sudah dicampur air, sikat gigi dan sisir.



Siapkan kertas gambar, lalu taruhlah atau letakkan cetakan yang berbentuk hati atau jantung di atas kertas gambar setelah itu warnailah dengan menggunakan cat air yang telah dicampurkan dengan air secukupnya lalu siapkan sisir dan sikat gigit, setelah itu celupkan ke cat air dan geseklah sikat gigi tersebut dengan sisirnya.


Setelah sudah selesai mewarnainya lalu bukalah cetakan tersebut maka setelah itu akan dihasilkan suatu karya gambar seperti diatas.
B.     Cat poster
Cat Poster juga berbahan dasar air, namun bedanya sifat cat ini lebih pekat (opaque). cat poster ada yang bisa dicampur air dan ada juga cat poster tidak perlu campur air.

C.     Cat Akrilik
Cat akrilik adalah cat yang cepat kering yang mengandung suspensi pigmen dalam emulsi polimer akrilik. Cat akrilik adalah jenis cat yang bisa dicampurkan dengan air atau gel, dan memiliki sifat kaku. Cat akrilik bisa menjadi kedap air saat kering.

D.    Cat minyak
Cat minyak adalah cat yang terdiri atas partikel-partikel pigmen warna yang disuspensi dengan media minyak pengikat pigmen.


Daftar Pustaka :

Dodoth. 2013. Cat Air. Dalam http://blognyadodoth.blogspot.co.id/2013/09/cat-air.html. Diakses pada tanggal 29 Maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN DI KELAS A.     Pengertin Pembelajaran Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber b...